Sabtu, 24 September 2016

HASIL TECHNIKAL MEETING LOMBA KIRAB DRUM BAND SD/ MI SE-KAB. BLITAR TAHUN 2016



LAPORAN HASIL TEKNIKAL MEETING 
LOMBA KIRAB DRUMB BAND TAHUN 20I6
Sabtu, 24 September 20I6
Ø  Sambutan Kepala Madrasah Mts Ma’arif NU Gandusari
Ø  Penyampaian Juknis
Ø  Pelaksanaan Perlombaan
1.      Pelaksanaan: Minggu, 2 Oktober 20I6
Ø  PENILAIAN
Semangat dalam berpenampilan: langkah seragam
Baris berbaris: kelurusan shaf dan kelurusan banjar
Analisa musik: Bagaimana lagu itu dimainkan. Hitungan I harus jatuh pada kaki kiri. Sebaiknya harus diperhatikan betul karena ini memberikan pengaruh dan berakibat fatal jika tidak diperhatikan betul. Selanjutnya, aransemen lagu juga memiliki pengaruh yang besar.
Teknik permainan perkusi: Hitungan I harus jatuh pada kaki kiri. Secara umum hampir sama dengan penjelasan pada analisa musik di atas.
Keserasian langkah dan lagu: Langkah harus disesuaikan dengan irama lagu.
Colour Guard: Keserempakan dalam memainkan bendera. Selanjutnya, faktor kesulitan akan memberikan pengaruh nilai yang besar.
Mayoret: penilaian akan dilihat pada permainanan tongkat yang dimainkan. Penilaian dilakukan pada setiap pos. ketika ada juri, disarankan untuk menunjukkan permainan tongkatnya sebaik mungkin.
Gita Pati: Bagaimana gita pati memberikan aba-aba atau membirama sesuai dengan rumusan yang berlaku. Umumnya 2/4 atau 4/4. Sebaiknya jangan menggunakan lagu dengan irama ¾. Hitungan satu tangan harus di bawah ketika hitungan 4/4. Begitu pula pada lagu yang memiliki irama ¾. Gita pati umumnya dia berjalan mundur. Sebaiknya ketika tidak memainkan lagu sebaiknya tetap menghadap ke depan saja sehingga menghadap ke peserta hanya ketika lagu dimainkan.
Mayoret: Seperti halnya dengan gita pati, dia memiliki tugas seperti halnya dengan gita pati. Pasukan dibuat formasi tiga banjar saja.

KETENTUAN PENJUARAAAN:
Setiap sektor ada juaranya. Setiap sekotor dikumpulkan dengan demikian dia yang memiliki sektor nilai yang terbanyak mulai dari urutan penilaian dari nomer I-6, maka dialah yang akan menjadi juara umum.
Perjalanan dari start hingga finish tidak boleh berhenti supaya tidak mengacaukan pleton di belakangnya. Dengan demikian interval ada aturannya sekitar 3 hingga 5 menit. Biasanya maksimum hanya 5 menit saja.

SESI TANYA JAWAB
ü  Apabila ada kendala di jalan, apakah bisa jalan di tempat? Apakah dalam drumb band ada identitas nama sekolah?
Jawab: Satuan akan selalu didampingi oleh pengawal supaya jaraknya teratur dan tidak mengganggu satu sama lain.
Setiap sekolah disarankan untuk memberikan identitas sekolah, sebagai bentuk identitas diri. Diperbolehkan untuk membawa banner atau pun media lain sebagai bentuk pengenalan. Hal ini tidak masuk dalam penilaian.
ü  Untuk memeriahkan event seperti ini, langkah ke depan sebenarnya banyak sekali yang memiliki alat drumb band. Apakah dari panitia belum tahu daftar drumb band yang dimiliki di Gandusari? Untuk lebih memeriahkan, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Bukankah jika banyak peserta itu akan lebih menunjukkan kekompakkan?
Jawab: Sesuai dengan undangan yang telah diedarkan oleh panitia, masing-masing sekolah sudah diinformasikan namun sekolah yang bersangkutan masih memiliki kendala masing-masing. Misalnya, sekolah sedang memiliki acara dalam waktu dekat sehingga masih belum memungkinkan untuk mengikuti lomba. Dengan kata lain, pihak panitia sudah berusaha mengkonfirmasikan ke sekolah lain. Mungkin kelemahan dari dilaksanakannya perlombaan ini adalah waktunya yang dirasa belum tepat waktu. Publikasi pun juga sudah diupayakan dengan melalui berbagai media seperti media radio.
Saran: Untuk pelaksanaannya, sebaiknya pada tahun depan tidak tepat pada hari jatuhnya I Muharaam. Kegiatan bisa dilakukan beberapa hari seusai tepat I Muharram. Selanjutnya, setelah diadakan Teknikal Meeting panitia masih menerima pendaftaraan perlombaan hingga batas maksimal H-I. ( 1 Oktober 2016)
Rute Perlombaan:
Peserta Teknikal Meeting menyetujui rute perlombaan adalah start Pasar Tugu dan finish di MTs Ma’arif NU Gandusari.
Pihak panitia mengusahakan keadaan jalan yang sudah steril ketika perlombaan akan dilaksanakan. Dengan kata lain, tim pengamanan sudah diterjukan untuk mengindisikan jalan supaya kegiatan perlombaan bisa terlaksana dengan maksimal.
ü  Untuk juri, apakah tampak?
Jawab: Juri menampakkan diri di setiap rute perlombaan. Aturannya adalah peserta memainkan keahliannya di depan juri dengan sebaik mungkin. Jumlah juri yang disiapkan berjumlah 3 orang. Juri memakai kostum putih berdasi sehingga mudah dikenali oleh peserta. Perlu diingat pula, penilaian juga mencangkup keterampilan mayoret sehingga disarankan untuk memainkan keterampilan yang dimiliki sebaik mungkin.
ü  Apakah siswa pembawa panji sebagai identitas sekolah apakah mendapatkan piagam atau sertifikat? Jika ada atribut yang terjatuh, apakah guru pendamping diperbolehkan untuk mengambilkan?
Jawab: Jika pembawa panji bukan anggota drum band, maka tidak mendapatkan sertifikat. Namun, jika pembawa panji termasuk anggota drum band, maka dia berhak mendapatkan sertifikat.
ü  Berkaitan dengan alat musik, pemakaian terompet biasanya lebih indah jika dibandingkan dengan alat musik lain? bagaimana bentuk penilaian yang dilakukan oleh juri?
Jawab: untuk kenyaringan suara, terompet memang lebih nyaring. Namun, anak SD belum tentu bisa memainkan terpompet dengan bagus karena usia anak SD/MI masih belum bisa memumpuni. Dianjurkan pula ketika perlombaan, guru pendamping tidak diperbolehkan untuk memberikan minum karena bisa mengganggu formasi dan pelaksanaan lomba.
Catatan terpenting: Wajib diperhatikan untuk keserempakan langkah dari peserta drumb band, karena ini akan menjadi unsur penilaian utama sebagai pemenang dalam lomba. Perlombaan akan dilaksanakan tepat pukul 08:00 meski para pejabat undangan belum hadir dalam acara.



Nomer Pengundian Peserta:
Nomer Urut I: MI Islamiyah Soso
Nomer Urut 2: SDN tulung Rejo 0I
Nomer Urut 3: MIN Sukosewu
Nomer Urut 4: MI Sabilul Muttaqin 2
Nomer Urut 5: SDN Ngaringan 04
Nomer Urut 6: SDN Beru I
Nomer Urut 7: MI Slumbung
Nomer Urut 8: SDN Ploso I Selopuro
Nomer Urut 9: SDN Krisik 0I
Nomer Urut I0: SDN Tambakan 02
Nomer Urut II: SDN Gandusari 0I

Panitia                                                                         Perwakilan Peserta



Geger Jumhana                                                           (…………………………)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar